7 Susunan Acara Walimatussafar Yang Harus Anda Persiapkan - Pusat Bisnis Syariah

Pusat Bisnis Syariah

HALAL - AKAD SESUAI SYARIAH - AMANAH

New

Order Via Whatsapp sub menu

Senin, 25 Februari 2019

7 Susunan Acara Walimatussafar Yang Harus Anda Persiapkan

Pusat Bisnis Syariah – Anda akan menyelenggarakan walimatus safar, namun kebingungan apa saja yang harus disiapkan? Perlu Anda ketahui terlebih dahulu susunan acara walimatussafar, baru kemudian membuat list kebutuhan untuk setiap acara.

susunan acara walimatussafar


Berikut 7 susunan acara walimatussafar beserta apa saja yang harus disiapkan :

1. Pembukaan

Pembukaan dilakukan oleh MC. Jangan anggap sepele urusan memilih MC. Berikut tips memilih MC:

a. Memastikan kegiatan berlangsung sesuai dengan susunan acara walimatussafar
b. Jika ada hal-hal di luar prediksi terjadi pada salah satu susunan acara walimatussafar, seorang MC harus dapat mengendalikan dan membawa suasana pesta tetap meriah dan semarak. Seolah tidak terjadi apa-apa. Kedengarannya mudah,  namun tidak semua orang bisa melakukannya.
c. Mampu menjadikan walimatus safar menjadi momen yang berkesan

2. Pembacaan ayat suci Al-Qur’an

Tidak bisa sembarangan dalam memilih pembaca Al-Qur’an. Jika latunannya tidak indah, orang-orang akan bosan mendengarnya. Pilihlah seseorang yang sudah terkenal mempu melantunkan ayat suci dengan indah. Surat yang dibaca untuk walimatus safar biasanya Al-Baqarah ayat 197 dan Ali Imran

3. Pembacaan shalawat haji

Seringkali grup shalawat mampu meramaikan dan memeriahkan suatu acara, termasuk walimatus safar. Anda bisa mengundang grup shalawat di daerah tempat tinggal Anda. Undanglah mereka beberapa minggu sebelum walimatus safar diselenggarakan, agar mereka bisa berlatih. Dengan begitu mereka bisa bershalawat dengan performa memukau para tamu.

Walimatus safar yang Anda selenggarakan akan semakin meriah jika grup shalawat yang Anda undang merupakan grup terkenal.

4. Sambutan dari sahibul hajat atau calon haji atau keluarga calon haji

Jika Anda yang akan memberi sambutan, buatlah konsep terlebih dahulu apa saja yang ingin Anda sampaikan. Jika orang lain, maka beritahu orang tersebut beberapa minggu sebelum walimatus safar. Dengan begitu, dia bisa mempersiapkan diri.

5. Ceramah rohani

Susunan acara walimatussafar satu ini, Anda bisa mengundang da’i atau ustadz atau penceramah untuk mengisinya. Selain grup shalawat, penceramah juga memengaruhi kemeriahan walimatus safar. Apalagi jika Anda mengundang da’i yang tersohor. Pasti rame.

6. Doa dan penutup

Doa bisa dipimpin oleh penceramah, atau bisa juga orang lain. Sedangkan menutup acara merupakan tugas MC.

7. Ramah tamah

Hidangkan makanan dan minuman untuk para tamu Anda. Sediakan makanan dengan berbagai pilihan. Sayur, ayam, dan varian lainnya. Yang direbus, digoreng, berkuah bening, dan berkuah santan. Karena selalu ada tamu yang pantang mengonsumsi jenis makanan tertentu. Misal tidak boleh mengonsumsi santan karena khawatir kolesterol.

Selain menghidangkan makanan berat, sajikan juga aneka snack di meja-meja tamu Anda. Agar para tamu tidak kebosanan mengikuti setiap acara walimatus safar. Berbagai keripik atau kerupuk untuk tamu muda dan aneka kue untuk tamu lanjut usia.

Para tamu akan semakin terkesan jika Anda membagikan bingkisan atau souvenir haji saat mereka pulang. Souvenir tidak harus berwujud benda. Karena belum tentu souvenir benda akan digunakan penerimanya. Anda bisa membagikan snack box sebagai bingkisan.

Baca juga : 




Sekian artikel susunan acara walimatussafar dari Pusat Bisnis Syariah. Semoga artikel ini bisa membantu Anda yang hendak menyelenggarakan walimatus safar. Terima kasih. Wassalamu’alaikum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad