7 Cara Membangunkan Anak Shalat Subuh Agar Menjadi Kebiasaan Part II - Pusat Bisnis Syariah

Pusat Bisnis Syariah

HALAL - AKAD SESUAI SYARIAH - AMANAH

New

Order Via Whatsapp sub menu

Sabtu, 29 Februari 2020

7 Cara Membangunkan Anak Shalat Subuh Agar Menjadi Kebiasaan Part II

www.pusatbisnissyariah.com


Setelah kita belajar cara membangunkan anak shalat Subuh step pertama dan kedua, kini kita belajar di Pusat Bisnis Syariah cara membangunkan anak shalat Subuh step selanjutnya.

Apa itu?

#3 : Siapkan Penyemangat Anak

Ada 2 hal yang bisa menjadi penyemangat anak. Yaitu :

a. Hadiah sederhana

Contoh

Bunda : “Adik pinter, deh, hari ini bisa shalat Subuh tepat waktu. Bunda kasih hadiah, ya.”

Anak : “Apa hadiahnya, Bun?”

Bunda : “Nanti Bunda belikan jajanan pasar,” atau “Nanti Bunda buatkan makanan kesukaan Adik.”

Bunda bisa tentukan hadiah apapun. Sederhana saja, asalkan halal, sehat, dan disukai anak-anak.

b. Aktivitas yang Menyenangkan

Contoh

Bunda : “Karena Adik hari ini udah pinter, udah shalat Subuh tepat waktu, setelah ini Bunda ajak jogging ya,” atau, “…nanti Bunda ajak berenang, ya,” atau, “…nanti kita main petak umpet, ya.”

Tips : Jangan lupa memuji anak tiap selesai shalat Subuh. Misal, “Adik pinter, deh,” atau “Wah, anak Bunda hebat,” atau lainnya.

#4 : Ajak Anak Berdoa Sebelum Tidur

Setan suka sekali mengganggu manusia saat tidur supaya terlambat shalat Subuh. Itulah kenapa, Rasulullah Shallallhu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda,


“Jika kamu hendak tidur, bacalah ayat kursi sampai selesai satu ayat. Maka akan ada penjaga dari Allah untukmu, dan setan tidak akan mendekatimu sampai pagi.” (HR. Bukhari 2311)

Tips : Anak akan sulit diajak wudlu ketika sudah mengantuk. Saran kami, bimbing anak berwudlu setelah gosok gigi malam atau jam berapapun yang agak jauh dari jam tidur anak. Seperti setengah jam sebelum tidur.

Kabarkan pada anak kenapa ia perlu berwudlu dan berdoa sebelum tidur. Agar ia tidak merasa 'buat apa sih?' Atau 'males ah!'.

Contoh

Bunda : “Dik, mulai sekarang sebelum tidur, kita wudlu sama berdoa bareng, ya.”

Anak : “Kenapa?”

Bunda : “Karena ternyata setan suka nemenin kita pas tidur. Setan juga suka bikin kita mimpi buruk, lho. Adik pernah nggak, mimpi buruk?”

Anak : “Pernah. Aku pernah mimpi (lalu anak akan bercerita tentang mimpinya. Simak saja dengan sabar).”

Bunda : “Ih, serem. Itu gara-gara setan, tuh. Setan juga suka bikin kita bangun siang. Padahal kan, kalo kita bangun Subuh, kita dapat berkah dari Allah SWT. Ya, kan, Dik?”

Anak : “Iya.”

Bunda : “Makanya, kata Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam, biar pas kita tidur nggak diganggu setan, kita diajari buat wudlu dan berdoa sebelum tidur. Jadi nanti jam 20.30, kita wudlu bareng, yuk.”

Anak : “Oke. Doanya gimana? Aku nggak bisa.”

Bunda : “Tenang. Nanti Bunda ajari.”

Saat anak akan tidur, bimbinglah berdoa. Bacaan yang ampuh untuk melindungi diri dari gangguan setan ketika tidur adalah ayat Kursi.

Sekian artikel 7 cara membangunkan anak shalat Subuh agar menjadi kebiasaan part II dari Pusat Bisnis Syariah. Semoga bermanfaat.

Baca juga :

5 Cara Mengarahkan Cita-Cita Anak Agar Sukses Besar

Anak Sering Buka Pornografi, Apa Yang Akan Terjadi?

5 Peluang Bisnis UKM Di Indonesia

Terima kasih telah membaca. 7 cara membangunkan anak shalat Subuh part III akan segera kami publish. Wassalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad